Manusia Akan Punah Lebih Cepat Jika Pemanasan Global Tak Diatasi

Kamis, 02 Mei 2024 - 07:04 WIB
loading...
Manusia Akan Punah Lebih Cepat Jika Pemanasan Global Tak Diatasi
Manusia akan punah lebih cepat. IFL SCIENCE
A A A
LONDON - Sebuah studi baru memperkirakan bahwa spesies manusia akan punah dalam 250 juta tahun mendatang dan lebih cepat lagi jika pembakaran bahan bakar fosil tidak dihentikan.



Seperti dilansir dari Daily Mail, sebuah studi berdasarkan simulasi komputer yang dilakukan oleh tim ilmuwan Universitas Bristol menyatakan bahwa Bumi sedang menghadapi kepunahan global yang juga akan memusnahkan seluruh kehidupan mamalia.

Jika ada kehidupan di muka bumi pada saat itu, maka ia harus beradaptasi dengan suhu antara 40 derajat Celcius hingga 70 derajat Celcius, kata mereka.

“Tingkat karbon dioksida juga diperkirakan meningkat dua kali lipat dibandingkan sekarang. Manusia bersama spesies mamalia lainnya akan punah karena ketidakmampuan mengeluarkan panas melalui keringat untuk mendinginkan tubuh,” kata peneliti senior dan ketua studi, Dr. Alexander Farnsworth.

Menurutnya, dalam 250 juta tahun lagi, seluruh benua di Bumi akan bergabung membentuk benua 'super' yang dikenal dengan Pangea Ultima.

Hasil penelitian tersebut juga menemukan bahwa hanya sekitar delapan hingga 16 persen daratan di Bumi yang cocok untuk dihuni spesies mamalia pada saat itu, namun besar kemungkinan semua spesies tersebut akan punah.

“Hanya mamalia yang benar-benar unik yang mempunyai potensi untuk bertahan hidup,” jelas Farnsworth.

Studi tersebut dipublikasikan di jurnal Nature Geoscience Jumat lalu.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)